Friday, April 19, 2024
HomeNewsLaju Timnas Indonesia ke Piala Dunia 2026 Makin Berliku

Laju Timnas Indonesia ke Piala Dunia 2026 Makin Berliku

Laju Timnas Indonesia ke Piala Dunia 2026 Makin Berliku – Pasca mengikuti Piala Asia AFC Qatar 2023, bukan berarti timnas Indonesia bisa bersantai. Di depan mata sudah tersaji tantangan yang menghadang. Di antaranya pertandingan babak kualifikasi Piala Dunia 2026 sekaligus Piala Asia 2027.

Babak kualifikasi Piala Dunia 2026 ini kembali dihelat pada 21 Maret 2024. Timnas Indonesia akan menjamu Vietnam di Jakarta. Lima hari berikutnya, tim asuhan Sin Tae-yong ini akan bertandang ke Vietnam.  Pada babak kualifikasi ini, Indonesia bergabung di Grup F yang terdiri dari Irak, Filipina, Vietnam, dan Indonesia.

Hasil kurang menggembirakan dicatat oleh timnas Indonesia pada dua laga awal babak kualifikasi Piala Dunia 2026 yang hanya mengoleksi 1 poin saja.

Sesuai jadwal yang ada, Timnas Indonesia memang menjadi tim yang terus melakoni jadwal terberat karena harus menjalani dua laga awal Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan bermain di partai tandang. Pada laga pertama, timnas Indonesia menghadapi Irak yang berlangsung pada 16 November 2023 lalu.  Hasil dari pertandingan itu, timnas Indonesia harus terima dihajar Irak 5-1. Gol satu-satunya dari Indonesia ditorehkan oleh Shayne Pattyrama pada laga lawan Irak tersebut.

Setelah menghadapi Irak di Basra, Irak, Timnas Indonesia melanjutkan laganya dengan melawan Filipina di Rizal Memorial Stadium Manila, Filipina. Pada laga tersebut, timnas Indonesia hanya meraih 1 poin.

Skuad Garuda pada laga lawan Filipina ini harus rela tertinggal lebih dulu lewat raihan gol dari Patrick Reichelt di babak pertama. Namun, di menit ke 70, Saddil Ramdani sukses menyamakan kedudukannya.

Raihan satu poin yang berhasil ditorehkan dari 2 laga perdana menjadikan awal perjalanan timnas Indonesia di babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 semakin berliku. Meski begitu, masih ada 4 laga yang tersisa dan tentunya harus bisa dimaksimalkan oleh Asnawai Mangkualam dkk.

Keempat laga itu di antaranya duel kandang tandang lawan Vietnam pada bulan Maret mendatang dan dua laga kandang lawan Irak serta Filipina pada bulan Juni nanti.

Irak saat ini memang lagi ada di atas angin karena mampu berhasil meraih poin yang sempurna. Poin itu antara lain 6 poin yang berhasil diraih pada laga awal lalu. Kemudian Vietnam memiliki 3 poin dan Filipina baru mendapatkan 1 poin seperti halnya Indonesia.

Pada babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 ini, timnas Indonesia minimal harus menjadi runner up Grup F supaya bisa melaju ke babak ketiga. Di faset itulah, tiket Piala Dunia 2026 bisa ditentukan. Ada 18 tim yang telah lolos dari babak kedua dan kemudian akan dibagi lagi mnenjadi 3 grup yang terdiri dari 6 tim. Mereka nanti akan bertanding dengan sistem kandang dan tandang.

Dua tim teratas dari Grup A hingga Grup C bakal langsung lolos ke Piala Dunia 2026. Sedangkan, enam tim di peringkat tiga dan empat dari babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, harus menjalani pertandingan di babak keempat nanti.

Nantinya, mereka akan dibagi menjadi 2 grup yang masing-masing terdiri dari 3 tim. Tiga tim dari Grup A dan tiga tim dari Grup B yang lagi-lagi kembali harus bertanding.

Tim-tim itu nantinya akan berhadapan satu kali di tempat yang netral. Sedang pemenangnya pada tiap grup otomatis lolos ke Piala Dunia 2026 dan runner upnya akan menjalani laga di babak kelima Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Nantikan terus update informasi dan pengalaman baru yang menyenangkan dari basreng188 untuk memberi hiburan.

RELATED ARTICLES

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments