Saturday, July 20, 2024
HomeNewsSejarah Sepak Bola Trasnsfer Pemain Epic 1

Sejarah Sepak Bola Trasnsfer Pemain Epic 1

Sejarah Sepak Bola Trasnsfer Pemain Epic – Awal tahun ini, sepak bola dunia dihebohkan dengan pindahnya Lionel Messi ke Inter Miami. Kepindahannya ini telah menggiring beragam spekulasi jika transfer tersebut telah mengubah wajah Major League Soccer (MLS) seperti yang pernah terjadi pada David Beckham ketika bergabung ke LA Galaxy di tahun 2007. Keberhasilan Messi ini sangat diharapkan bukan hanya di lapangan saja, melainkan juga secara signifikan makin mempopulerkan liga tersebut.

Sejarah Sepak Bola Trasnsfer Pemain Epic 1

Walau demikian, ada banyak yang tidak sadar jika transfer pemain di dunia sepakbola ini sangat penting sekali.  Transfer pemain bukan sebagai pendorong perubahan dalam tim, melainkan juga mampu mengubah sejarah persepakbolaan dunia secara menyeluruh.

Berikut ini ada beberapa kisah transfer pemain bola yang memberikan efek luar biasa dalam mengubah sejarah sepak bola dunia, seperti.

  1. David Beckham ke LA Galaxy (2007)

sejarah sepak bola

Di tahun 2007 lalu, David Beckham yang masih bergabung di Galactico Real Madrid memutuskan untuk meninggalkannya dan bergabung dengan klub dari Liga Amerika, LA Galaxy. Memang David Beckham bukanlah pemain yang pertama datang ke Amerika, apa yang telah diputuskan Beckham ini sangat berdampak luar biasa bagi MLS. Bukan hanya dari segi pemain saja, melainkan juga popularitas liga itu sendiri.  Dampaknya itu begitu terasa. Bahkan setelah Beckham pensiun pun, kemampuannya dalam mendatangkan pemain papan atas seperti Lionel Messi yang telah bergabung ke klub MLS, Inter Miami.

  1. Luis Figo dari Barcelona ke Real Madrid (2000)

sejarah sepak bola

Bisa dikatakan transfer Luis Figo dari Barcelona ke Real Madrid 24 tahun silam merupakan transfer yang kontroversial. Ketika itu, Luis Figo ditransfer dengan harga 62 juta Euro yang tidak hanya memecahkan rekor transfer saat itu. Melainkan juga telah membuka era Galactico di Real Madrid. Keputusan Luis Figo ini sempat dikatakan sebagai “pengkhianat” oleh para fansnya di Barcelona. Transfer yang terjadi itu telah menjadi tonggak awal dalam filosofi transfer yang telah dianut oleh presiden Real Madrid, Florentino Perez.

  1. Neymar dari Barcelona ke PSG (2017)

sejarah sepak bola

Barcelona menjual Neymar ke Paris Saint-German senilai 222 juta Euro. Nilai transfer tersebut sangat fantastis ketika itu di tahun 2017. Transfer Newmar itu menimbulkan efek domino yang kemudian membuat Barcelona membeli Philippe Countinho dari Liverpool dan membuka pintu Liverpool untuk mendatangkan pemain kuncinya seperti Virgil van Dijk dan Alisson Becker.

BACA JUGA : Diaspora Kuliner Indonesia Restoran Padang di Belanda

  1. Thierry Henry ke Arsenal (1999)

sejarah sepak bola

Sebuah keputusan besar dari Arsene Wenger saat membeli Thierry Henry dari Juventus tahun 1999 silam senilai 11 juta Pounds. Henry kemudian menjadi pencetak gol utama Arsenal dan telah membantu klub tersebut meraih kesuksesannya di beberapa musim dan menjadikannya legenda sepak bola tak terlupakan.

  1. Ronaldinho ke Barcelona (2003)

sejarah sepak bola

20 tahun silam, Ronaldinho datang ke Barcelona dengan nilai transfer 30 juta Euro. Nila transfer ini tentu telah mengubah takdir klub. Sebelumnya Ronaldinho telah mengantarkan Barca mendapatkan gelar La Liga dan Liga Champions. Selanjutnya juga telah menciptakan pondasi dari identitas modern klub. Nilai transfernya pun telah memunculkan efek domino yang membuat bangkit Liverpool di masa depan.

  1. Cristiano Ronaldo ke Manchester United (2003)

sejarah sepak bola

Cristiano Ronaldo bergabung bersama Manchester United yang sebelumnya berasal dari Sporting Lisbon di tahun 2003 dengan nilai transfer 12 juta Pounds. Cristiano Ronaldo juga telah memberikan kontribusinya yang sangat besar bagi klub tersebut. Selain itu juga telah memberikan pengaruh statistik serta konsep yang mempunyai penilaian di dalam pemain sepak bola modern.

Dari kisah-kisah itulah telah memperlihatkan jika transfer pemain merupakan keputusan yang berdampak jangka panjang dan mendalam terhadap sebuah klub. Dampaknya bisa dilihat dari prestasi tim maupun perubahan budaya sepak bola. Seperti halnya transfer Messi ke Inter Miami yang menjadikan babak baru di dalam sejarah sepak bola AS.

RELATED ARTICLES

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments